A.
KONSEP
DAN PERAN BIOTEKNOLOGI
Apa kabar AHE (Anak Hibat)? Semoga kalian senantiasa diberikan
kesehatan oleh Allah SWT dan tetap memiliki semangat untuk menuntut ilmu. Nah,
sebelum memulai aktivitas pembelajaran, silahkan kalian berdoa terlebih dahulu.
Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan dalam semua aktivitasmu
untuk mencari ilmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan rajin cuci
tangan!
Pernahkah kalian mendengar istilah bioteknologi? Apa
saja produk bioteknologi yang kalian ketahui? Ya betul, beberapa contoh produk
bioteknologi diantaranya tape, roti, yogurt, dan sebagainya.Tahukah kalian,
mengapa produk-produk tersebut dinyatakan sebagai produk bioteknologi? Untuk
menjawab pertanyaan tersebut lakukanlah aktivitas berikut ini:
MEMBUAT
TAPE KETAN
Pada pembelajaran kali ini, kalian akan
praktik membuat tape ketan. Silahkan kalian mencari informasi tentang
bahan-bahan yang dibutuhkan dan prosedur pembuatan tape ketan kepada orang tua
atau kerabatmu. Tuliskan informasi yang kalian peroleh pada kolom di bawah ini:
Narasumber
(sumber informasi) |
|
Bahan-bahan
yang dibutuhkan |
|
Prosedur
(cara membuat) : |
|
Selanjutnya praktikkan resep yang sudah
kalian peroleh. Foto hasilnya, kemudian simpan foto tersebut pada kolom berikut
ini:
Berdasarkan aktivitas yang telah kalian
lakukan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Deskripsikan
proses pembuatan tape yang kaliah telah lakukan berdasar kan bahan dasarnya,
agen pengubah, dan produknya!
Bahan dasar |
|
Agen pengubah |
|
Produk : |
|
2. Faktor apakah yang berperan menyebabkan perubahan beras menjadi tape! Jelaskan fungsi ragi dalam proses pembuatan tape tersebut! Unsur apakah yang terdapat dalam ragi?
3. Adakah
perbedaan rasa, aroma, dan teksktur antara bahan dasar dengan tape yang
dihasilkan? Buatlah deskripsinya!
4. Apakah
manfaat produk bioteknologi yang kalian buat?
Nah, kalian telah membuat salah satu produk bioteknologi. Berdasarkan aktivitas yang telah kalian lakukan, definisikanlah konsep/pengertian bioteknologi!
Andai kalian diberikan modal
usaha membuat tape, apa yang akan kalian lakukan agar tape yang kalian hasilkan
lebih unggul dibandingkan dengan produk lain?
BAHAN BACAAN
1. Bioteknologi
merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup
mikroorganisme (bakteri, fungi, atau virus) untuk menghasilkan barang dan jasa.
Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu yang berhubungan dengan penerapan
sistem biologis dan organisme untuk proses teknis dan industri untuk
kesejahteraan manusia.
2. Bioteknologi
telah digunakan selama lebih dari 6000 tahun untuk menghasilkan produk yang
diinginkan dengan menggunakan mikroorganisme, seperti tape, roti, keju, dan
lain-lain.
3. Kemajuan
bioteknologi ditandai dengan ditemukannya rekayasa genetika, kultur jaringan,
DNA rekombinan, pengembangbiakan sel induk, kloning, dan lain-lain. Peran
bioteknologi dalam kehidupan manusia antara lain di bidang kesehatan/kedokteran,
pangan, dan lingkungan hidup.
4. Di
bidang kesehatan, bioteknologi memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan
penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti
kanker ataupun AIDS. Penelitian di bidang pengembangan sel induk juga
memungkinkan para penderita stroke ataupun penyakit lain yang mengakibatkan
kehilangan atau kerusakan pada jaringan tubuh dapat sembuh seperti sediakala.
Saat ini juga sedang dikembangkan vaksin berbahan dasar materi genetik (DNA
atau RNA) dari pathogen (termasuk untuk COVID-19).
5. Di
bidang pangan, bioteknologi berperan menciptakan produk-produk pangan yanga
baru. Selain itu, beberapa terobosan dalam teknologi rekayasa genetika, kultur
jaringan dan DNA rekombinan menghasilkan tanaman dengan sifat dan produk unggul
(mengandung zat gizi yang lebih jika dibandingkan dengan tanaman biasa) serta
lebih tahan terhadap hama maupun tekanan lingkungan
6. Di
bidang lingkungan hidup, bioteknologi berperan pada pelestarian lingkungan
hidup dari polusi. Sebagai contoh, penguraian minyak bumi yang tertumpah ke
laut oleh bakteri dan penguraian zat-zat yang bersifat toksik (racun) di sungai
atau laut dengan menggunakan bakteri jenis baru.
Disarikan dari : Pembelajaran
Berbasis Aktivitas Sebuah lternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX
0 Komentar